Cara Mengatasi Kecanduan Seks

Cara Mengatasi Kecanduan Seks
Cara Mengatasi Kecanduan Seks - Jika ngomong masalah seks, memang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan normal. Nyatanya seks adalah kebutuhan manusia. Tapi siapapun itu, bisa mengalami yang namanya kecanduan seks. Faktnya adalah, ada 3-6 persen orang mengalami kencanduan seks.

Orang yang sudah kecanduan seks akan memiliki dorongan seksual yang tidak wajar yang sangat intens, sehingga menimbulkan obesesi terus menerus terhadap pikiran, keinginan, dan perilaku. Bila dibiarkan terus-menurus, hal ini bisa mengahncurkan kepercayaan diri, karir dan hubungan seseorang dengan pasangannya maupun orang lain.

Seseorang yang kecanduan dengan seks akan melakukan aktivitas seksual berlebihan sebagai cara untuk menghindari stres, rasa cemas, atau depresi. Obsesi terhadap seks membuat sebagian besar waktu tersisa untuk memikirkan dan melakukan aktivitas seksual juga merupakan tanda orang kecanduan dengan seks.

Selain itu masih ada tanda lain. Seperti tidak bisa menahan obesesi seksual untuk melakukan aktivtas seksual meski berisiko, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Perilaku ini akan berdampak negatif terhadap aktivitas sehari-hari, produktivitas kerja, kehidupan sosial, serta relasi dengan pasangan orang lain juga bisa disebut kecanduan seks. Pelaku umunya sulit memulai dan membina kedekatan dengan pasangan secara emosional sekalipun telah menikah.

Para pakar telah menemukan bahwa kecanduan seks kerap dilakukan sebagai pelarian dari situasi sulit, rasa sakit atau luka emosi yang mendalam, maupun reaksi terhadap stres. Dengan kata lain, candu terhadap seks bagaikan obat untuk kondisi-kondisi tersebut.

Oleh karena itu mengatasi kecanduan seks perlu dilakukan penelusuran dan ditangani hingga ke akar masalanya. Meski demikian, bukan berarti hal ini tak bisa diatasi.

Berkut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan seks:

1. Segera Minta Pertolongan

Jika perilaku buruk ini tetap di biarkan, maka hal ini bisa berdampak negatif. Oleh karena itu segera minta pertolongan. Bila ditangani secara dini, perilaku tersebut bisa dicegah menjadi lebih buruk, yang dapat menggangu kepercayaan diri bahkan mengancam nyawa.

2. Segera Obati

Segeral obati bila terdapat gangguan jiwa seperti depresi, gangguan cemas, dan gangguan kepribadian obesif-kompulsif, yang dapat memperburuk perilaku seksual.

3. Atasi Kecanduan Alkohol, Judi, dan Narkoba

Orang yang memiliki kebiasaan buruk seperti suka minum alkohol, judi, dan narkoba juga akan memiliki kebiasaany seks yang berlebihan. Nah, bila Anda mengalami salah satunya, maka sebisa mungkin hindari karena perilaku tersebut bisa menjerumuskan Anda ke perilaku kecanduan seks.

4. Hindari Situasi Berisiko

Sebisa mungkin hindari situasi berisko seperti kesendirian, yang membuat Anda tergoda melakukan aktivitas seksual.

5. Alihkan Pikiran

Dengan melakukan hal-hal positif, seperti melakukan hobi yang disenangi, dan mencari teman atau komunikasi yang membuat Anda bisa berinteraksi secara positif.

Penanganan kecanduan seks mencakup pengendalian perilaku kompulsif fan mengembangkan perilaku seksual yang sehat. Tetapu biasanya berupa edukasi dan konseling bersama psikiater atau psikolog serta pemberian obat-obatan sepertii antidepresan, mood stabilizer, dan antiandrogen.

Seseorang juga harus menemukan komunitas yang baik di dunia maya ataupun nyata agar dapat saling berdiskusi dan memotivasi untuk terbebaskan dari perilaku ini. Selain itu, mengatasi kecanduan seks sangat tergantung bagaimana seseorang mau menerima dan mengakui bahwa ada masalah dalam dirinya.

Kecanduan seks bisa dihindari dan diatasi bila sudah terlanjut terjadi. Jika usaha Anda tak membuahkan hasil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog. Dan dekat diri Anda pada Tuhan, karena semakin Anda dekat dengan Tuhan, perilaku buruk bisa terhindarkan.

Demikian mengenai Cara mengatasi Kecanduan Seks, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengatasi Kecanduan Seks"

Posting Komentar