Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Seks?

Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Seks?
Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Seks? - Ada sebanyak 3-6 persen orang mengalami kecanduan seks, atau disebut juag dengan hiperseks atau nimfomania. Perilaku ini tergolong gangguan perilaku seksual kompulsif di mana para pelakunya memiliki dorongan seksual yang tidak wajar (intens) dan obsesi terhadap pikiran, keinginan, dan perilaku terkait seks.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menyalurkan hasrat seksual. Mulai darri perilaku hubungan intim dengan pasangan (maupun yang terkait dalam pernikahan maupun di luar nikah), mendatangi prostitusi, mastrubasi berlebihan, penggunaan hal-hal berbau pornografi, cybersex, mempertontonkan alat kelamin di depan umum (ekshibisionis), melihat orang lain berhubungan intim (voyeurisme) hingga pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Para pakar telah menemukan beberapa faktor yang bereperan terhadap kecanduan seks. Seperti ketidakseimbangan zat-zat kimia alami dalam otak, di mana terdapat kadar neurotransmiter yang tinggi dalam otak.

Neurotransmiter tersebut antara lain serotonin, dopamin, norepinefrin. Zat-zat yang berfungsi untuk mengatur mood seseorang dan tingginya kadar zat-zat ini beerhubungan dengan perilaku seksual kompulsif.

Pria maupun wanita dapat mengalami kecanduan seks. Namun, frekuensinya jauh lebih banyak pada pria. Tak hanya itu, seseorang juga lebih berisiko mengalami kecanduan seks apabila mempunyai kecanduan terhadap hal lain - seperti alkohol, narkoba, atau judi, mengalami gangguan jiwa seperti depresi, gangguan bipolar, atau gangguan kepribadian.

Hingga kini, belum ada kriteria yang jelas untuk menyatakan apakah seseorang mengalami kecanduan seks. Secara umum, orang dengan kecanduan seks hanya mendapatkan sedikit kepuasan dari aktivitas seksual yang dilakukan serta tidak memiliki kedekatan emosional dengan pasangan seksual mereka.

Kecanduan seks seringkai membuat merasa bersalah dan malu, sulit mengendalikan perilakunya sekalipun negatif baik secara finansial, kesehatan, sosial, dan emosional. Selalu berpikir positif adalah hal yang bisa menghindari perilaku negatif ini, dan selalu dekat dengan Tuhan juga bisa menghindarkan dari perilaku yang tak wajar ini.

Demikian mengenai Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Seks?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Seks?"

Posting Komentar