Main Biliard Diklaim bisa TIngkatkan Kesehatan Mental

Main Biliard Diklaim bisa TIngkatkan Kesehatan Mental
Main Biliard Diklaim bisa TIngkatkan Kesehatan Mental - Banyak permainan olahraga yang menyenangkan, salah satunya adalah biliard karena tidak terlalu menhabiskan banyak tenaga. Sama halnya dengan catur, biliard lebi mengandalkan pada kepandaian dalam mengatur strategi dan fokus saat menyorongkan bola.

Namun siapa sangka, ada sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengatakan bahwa biliard dapat emningkatkan kesehatan mental. Peneliti sampai pada kesimpulan yang melakukan survey terhadap 1.029 responden dewasa yang mengaku hanya bermain biliard sebagai hobi atau untuk mengisi waktu luang mereka.

Secara mengejutkan, lebih dari separuh atau 53 persen responde mengaku kalau kesehatan mentanya semakin membaik setelah rutin bermain biliard. Mereka merasa lebih rileks tetapi tetap bisa tangkas saat beraktivitas. Bahkan beberapa respponden mengklaim kesehatan fisik mereka juga ikut merasakan dampaknya.

Sebagian lainnya mengaku, kalau permainan ini juga bisa meningkatkan konsentrasinya, kemampuan untuk menilai dan memanajemen risiko serta melatih kesabaran.

Riset yang dilakukan ini memastikan bahwa ketika seseorang bermain biliard, maka permainan ini dapat memberikan efek positif yang luar biasa dalam mempertahankan atau meningkatkan fungsi kognitif. Padahal responden hanyalah bermain untuk bersenang-senang saja.

Alasan ini karena permainan biliard adalah salah satu cabang olahraga 'mind sport' atau olahraga otak, sehingga memberikan dampak yang signifika terhadap kemapuan kognitif pemainannya.

Tak hanya itu, dama sebauh contoh nyata, ternyata manfaat biliard ditunjukan oleh para dokkter yang bertugas di instalasi bedah di RSUD waled CIrebon. Mereka diberi fasilitas berupa meja biliard dan ruang karaoke untuk relaksasi.

"Kadang kita harus operasi jam 12 malam. Dokter sudah datang semua, peralatan sudah siap, tapi operasi belum bisa dimulai. Nah sambil menunggu kita bisa main billiar atau karaoke," ungkap dr Iskandar Sarumpet, SpB dikuitp dari detikHealth.

dr Iskandar mengakui keberadaan kedua fasilitas itu cukup membantu mengingat tindakan medis seperti bedah sangat menguras energi fisik serta mental, termasuk membantu meredakan stress.

Beban kerja pada dokter di instalasi beah RSUD waled Cirebon dikatakan cukup tinggi mengingat ia adalah satu-satunya rumah sakit besar di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah dan melayani sekkitar 500 tindakan operasi setiap bulannya.

Demikian mengenai Main Biliard Diklaim bisa TIngkatkan Kesehatan Mental, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Main Biliard Diklaim bisa TIngkatkan Kesehatan Mental"

Posting Komentar