Mandi Malam Hari, Pake Air Dingin atau Hangat?

Mandi Malam Hari, Pake Air Dingin atau Hangat?
Mandi Malam Hari, Pake Air Dingin atau Hangat? - Mungkin ada yang yang bertanya-tanya, mana yang lebih baik untuk kesehatan, mandi air dingin atau mandi air hangat? Sebenarnya, manfaat medis air dengan berbagai suhuh untuk kesehatan dikenal sejak lama. Istilah yang sering digunakan untuk hal ini adalah hydrotgerapy.

Suhu air memiliki peran penting hydritherapy. Pasalnya, suhu air yang berebda dapat memengaruhi tubuh manusia berbeda. Baik hangat maupun dingin, masing-masing keunggulan dan kekurangan.

Air Dingin

Manding dengan air dingih mampu memberikan sensasi kesegaran pada tubuh Anda. Selain itu, mandi air dingin juga biasanya mampu membuat Anda lebih semngat dan segar lagi. Dan bisa menghilangkan rasa ngantuk.

Selain itu, mandi dengan menggunakan air dingin (14 derajat) juga merangsang pengeluran berbagai hormon, seperti noradrenalin dan dopamin. Paparan terhadap air dingin akan menyebabkan peleberana pembuluh darah ke kulit, yang bertujuan untuk mempertahankan suhu pada daerah tersebut.

Manfaat air dingin juga dapat lebih dirasakan jik diaplikasi dengan pengompresan. Air dingin membantuk mengurangi rasa nyeri pada luka dan pembekakan.

Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih santai.

Lelah dan stres bisa hilang seketika saat Anda menyiramkan air hangat pada tubuh Anda. Beredam dengan air hangat bisa mengurangi tingkat stres seseorang.

Tapi, yang perlu diingat adalah Anda perlu air hangat dan bukan air panas. Karena air terlalu panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. bahkan Anda sangat disarankan untuk menggunakn pelembab setelah mandi dengan air hangat untuk mencegah kulit jadi kering.

Masing-masing suhu memiliki keunggalannya tersendiri bagi kesehatan. Anda bisa memanfaay keunggulan masing-masing dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya mandi air dingin di pagi hari dan mandi air hangat untuk malam hari setelah seharian beraktivitas.

Demikian mengenai Mandi Malam Hari, Pake Air Dingin atau Hangat?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mandi Malam Hari, Pake Air Dingin atau Hangat?"

Posting Komentar