Manfaat Stres Bagi Kesehatan

Manfaat Stres Bagi Kesehatan
Manfaat Stres Bagi Kesehatan - Setiap orang pernah mengalami yang namanya stres. Salah satu kerugian yang paling sering terjadi adalah berat badan turun drastis, kondisi bawa mata menjadi hitam, sulit tidur dan komplikasi lainnya.

Tapi siapa sangka kalau stres tak hanya memberikan efek negatif, tapi juga memberikan efek kesehatan pada tubuh kita. Stres yang terus menerus atau berlangsung lama memang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun stres dengan intensitas ringan hingga sedang malah bisa memberi manfaat bagi tubuh. Ini wajar saja karena tubuh diciptakan dengan respon fight-or-flight (secara bertarung atau kabur).

Respon ini meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih optimal sesuai dengan yang diperlukan manusia saat berada dalam kondisi dimana dia harus bertarung atau harus melarikan diri. Jadi, jangan heran jika ternyata stres dalam kadar tertentu bisa memberikan manfaat pada Anda.

Berikut adalah manfaat stres bagi tubuh:

1. mencegah Virus dan Penyakit

Manfaat stres yang satu ini berguna untuk meningkatkan siistem kekebalan tubuh. Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University di tahun 2012 melakukan experimen menarik mengenai stres pada tikus. Setelah tikus mengalami stres, kekebalan tubuh menjadi meningkat dan kekebalan tubuh yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal.

Fakta menarik lagi bagi Anda adalah. Bahwa ketika Anda sedang mengalami stres, maka tubuh dirancang dan dirangsang untuk menghindari dari ancaman virus dan bakteri, karena stres akan merangsang zat kimia interleukin yang membuat tubuh jadi terlindungi dari penyakit, turunnya kekebalan imun, serta peradangan.

2. Membuat Diri Menjadi Tangguh

Jangan salah sangka, stres yang Anda alami akan tidak akan membuat Anda terpuruk, tapi malah sebaliknya membuat Anda menjadi tangguh. Ketika Anda sedang dilanda stres, Anda akan berpikir tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Tapi nyatanya, hal itu merupakan sebauh cara melatih Anda untuk menghadapi masalah-masalah lainnya yang akan datang.

University of Buffalo juga telah membuktikan pada surveu di tahun 2012. penelitian yang melibatkan 2400 orang ini menemukan hasil bahwa orang yang punya pengalaman buruk dan berkibat sttres, dapat menghadapi masalah lain lebih tenang dan santai dari pada mereka yang belum pernah mengalami stres sekalipun.

3. Membuat Anak Lebih Pintar

Penelitian lain dari Blooomberg School of Public Health pada tahun 2006 juga menemukan bahwa stres saat kehamilan dapat berpotensi melahirkan anak yang lebih cerdas. Mereka menguji dan mendapatkan hasil, kemampuan motorik anak yang dikandung saat stres jauh lebih cepat daripada anak dari ibu yang kehamilannya rileks dan santai.

Meskipun dalam penelitian telah membuktikan begitu, tapi para peneliti menyarankan jangan mencari-cari hal yang bisa membuat Anda stres sebanyak-banyaknya. Hanya perlu mengingatkan, jika wanita saat hamil mengalami stres sebaiknya tidak perlu cemas dan panik. Stres bisa menjadi salah satu tanda bahwa terdapat perkembangan baik bagi sistem motorik bayi Anda.

4. Membuat Ingatan Lebih Kuat

Pada tahu 2013 lalu, Universitu Berkele di Amerika melakukan sebbuah penelitian dengan tikus sebagai bahan uji cobanya. Stres yang terjadi pada tikus nyatanya mampu menumbuhkan sel saraf baru pada otak. Selain itu, efek baik stres pada tikus tidak langsung terjadi begitu saja. Tikus baru bisa mendapatkan hasiil ingatan yang meningkat hasil ingatan yang meningkat setelah 2 minggu masa uji coba.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara hormon stres dan kemampuan meningat seseorang. Jiika Anda mengalammi kondisi stres yang wajar, seperti saat sebelum ujian, hormon stres juga bisa membantu seseorang untuk lebih bisa membantu seseorang untuk lebih berpengalaman mengalami masalah stres lain yang akan dihadapi.

Demikian mengenai Manfaat Stres Bagi Kesehatan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Manfaat Stres Bagi Kesehatan"

Posting Komentar