Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa

Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa
Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa - Bulan suci ramdan adalah kewajiban bagi seorang muslim untuk menjalankan puasa. Nah, kunci agar bisa kuat berpuasa sampai sore adalah dengan makan sahur. Dengan memilih makanan sahur yang tepat, Anda bisa menjalani puasa tanpa hambatan. Pastikan menu sahur tersaji di meja makan keluarga.

Berikut adalah menu sahur yang sehat saat berpuasa:

1. Protein

Protein merupakan nutrisi wajib yang befungsi menggantikan sel-sel rusak. Dengan pegantian atau regenerasi ini, kerja sistem tubuh tetap terjaga optimal. sekalipun saat menjalankan ibadah puasa.

Untuk, penting memperhatikan menu sahur Anda yang mengandung cukup protein. Bahan makanan yang tinggi protein yakni telur, ayam, ikan, tempa, tahu, dan daging.

2. Serat

Jangan lupakan serat, karena dengan serat yang cukup makan pencernaan tetap sehat dan lancar selama bulan puasa, sediakan serat dalam menu sahur Anda. Serat diperoleh dari beberapa sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Karbohidrat Kompleks

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa bedanya karbohidrat kompleks dengan karbohidrat biasa? Karbohidrat komplek dicerna lebih perlahan dan energi yang dikandungnya juga dilepaskan dengan bertahap.

Karena itu, mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahu akan membuat tubuh Anda tetap berenergi sepanjang hari. Contoh karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, nasih hitam dan kentang yang direbus dengan kulitnya.

Mekanisme kerja karbihidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana melepaskan energi dalam jumlah besar secara singkat, dan meurun drastis setelahnya. Contohnya karbohidrat seerhana yang ebbaiknya dihindari adalah nasi putih, roti putih, dan gula putih.

4. Air Putih

Cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum 4-5 gelas air putih saat sahur dan buka puasa. Pastikan air putih tak ditambahkan gula atau sirup. Dengan jumlah cairan yang mencukupi, tubuh akan teta sehat selama berpuasa.

5. Sayur dan Buah

Selain memiliki kadar air tinggi, sayur dan buah juga kaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu mejga kebugaran tubuh selama puasa. Variasikan kennis sayuran dan buah saat sahur agar nutrisi yang diperoleh juga beraneka ragam dan terjaga kelengkapannya.

Hindari buah yang rasanya masam, karena bisa memicu prosuksi asam lambung yang berlebih, apalagi dimakana saat perut dalam keadaan kosong.

Demikian mengenai Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya. Dan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasanya bisa full satu bulan.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa"

Posting Komentar