Seperti Apakah Tubuh Sehat itu?

Seperti Apakah Tubuh Sehat itu?
Seperti Apakah Tubuh Sehat itu? - Apakah Anda atau Anda pernah di tanya seseorang. Seperti apakah sehat itu? Ketika ditanya seperti itu, pasti akan mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Dan yang paling banyak adalah mereka yang membayangkan kalau tubuh sehat adalah dengan memiliki tubuh six pack, dada bidang, dan bahu lebar.

Persepsi sepeti iru memang wajar, karena kita sering melihat iklan di tv, di media cetak dan internet kalau sehat itu harus memiliki badan bagus.

Namun apakah foto tersebut tepay untuk menggambarkan kesehatan dan tingkat kebugaran seseorang? Tidak menurut Dr Pippa Hugo, konsultan kesehatan fisik di RS Priory. "Ukuran kesehtan ideal seseorang sulit untuk dirumuskan, namun jelas bukan sepeti yang selama ini banyak digambarkan," katanya.

Gambaran yang keliru justru membuat banyak orang terobsesi memiliki tubuh beroto sehingga melakukan terlalu banyak latihan olahraga yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Takdir yang Berbeda

Tak semua orang terlahir memiliki tubuh yang bagus seperti halnya para atlet, sehingga kita tidak bisa memaksakan tubuh kita seperti seorang atlet yang memiliki badan kekar dan berotot.

"Saya memiliki pasien yang bentuk tubuhnya berbeda-beda, begitu juga dengan perkembangan ototnya," ujar Spencer Nadolsky, spesialis nutrisi dan kebugaran. "Tidak ada otot tertentu yang menunjukkan apakah seseorang berada dalam tingkat kebugaran tertinggi, karena abentuk masing-masing orang itu berbeda."

Walau tidak ada rekomendasi soal berapa sebaiknya kandungan lemak visceeral ini, namun beberapa literatur menyebut 13 persen sebagai angka optimal. Selain itu, ukuran pingga juga merupakan indikator umum mengenai kesehtan seseorang.

"Mereka yang berada pada kondisi fisik baik umumnya memiliki lemak tubuh 10 persen atau kurang, dengan lingkaran pingga di bawah 35 inci (87,5 cm)," ujar Nadolsky. "Ini lebih mudah daripada menentukannya lewat ukuran dadam lengan, atau kaki, karena latihan-latihan tertentu bisa membangun otot di bagian tersebut."

Hal ini bisa menentukan indikasi kesehtan adalah BMI atau indeks massa tubuh. BMI sudah lama digunakan untuk menentukan berat badan yang ideal. Maski begitu, angka BMI yang tinggi tidak selalu menunjukkan kondisi kesehtan yang buruk atau trisiko penyakit yang besar.

"BMI bisa dijadikan salah satu indikator, namun bukan penentu kesehatan," ujaran Nadolsky. "Saya memiliki pasien dengan angkan BMI tinggi namun kondiisi kesehatannya sempurna."

Hal ini yang juga bisa menunjukkan kesehatan seseorang secara sekilas adalah kulit dan giginya. Kulit pada orang yang sehat biasanya lebih bercahaya dan bersih, tidak kusam. Sedangkan gigi yang sehat berwarna putih dan memiliki akar yang kuat.

Bila Anda sulit untuk mendapatkan bentuk tubuh berotot atau perut six pack, jangan terlalu mengejar bentuk tubuh. Kejarlah tubuh yang sehat, karena hal itu lebih penting ketimbang bentuk tubuh yang bagus. Dengan tubuh yang sehat, maka Anda akan mendapatkan bonus dengan bentuk badan yang keren.

Demikian mengenai Seperti Apakah Tubuh Sehat itu?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Seperti Apakah Tubuh Sehat itu?"

Posting Komentar