Studi: Memelihara Anjing Bisa kurangi Stres pada Anak

Studi: Memelihara Anjing Bisa kurangi Stres pada Anak
Studi: Memelihara Anjing Bisa kurangi Stres pada Anak - Memliki hewan peliharan memang menyenangkan, saat kita pula kerja ada teman yang bisa di buat main. Tak jarang hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bertingkah lucu hingga kita tertawa dan stres yang bisa hilang.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan memiliki seekor anjing untuk dipelihara di rumah dapat memebrrikan dukungan sosial saat anak sedang mengalami pengalaman yang penuh tekanan.

Penelitian tersebut menunjukkan, anak-anak yang memelihara  anjing dilaporkan mengalammi pengurangan saat stres, dibandingkan dengan memiliki orangtua untuk mendapat dukungan sosial atau tidak memiliki dukungan sosial.

Masa kecil adalah saat ketika tokok dukungan sosial anak berkembang di lura orangtua mereka. Namun, kapasitas emosial dan biologis mereka untuk megatasi stres masih terus bertambah.

Anak-anak yang secara aktif meminta anjing mereka untuk datang dan dibelai memiliki kadar kortisol yang lebih rendah. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan anjing mereka.

Dalam sebuah penelitian teresebut, tim merekut 100 keluarga pemiliki hewan peliharaan. Lalu mereka menganalisis anak-anak berusia antara 7 sampai 12 tahun.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Animal menunjukkan, seekor anjing keluarga dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik anak-anak penyandang disabilitas.

Dalam penelitian tersebut, para periset menemukan, anjing keluarga menghasilkan berbagai perbaikan terhadap anak laki-laki berusia 10 tahun dengan kondisi cerebral palsy (Kelainan bawaan gerakan, otot atau postur tubuh). Hal ini termasuk aktivitas fisik dan motorik, keterampilan, kualitas hidup dan kesehatan emosional, sosial serta fisik.

Temuan awal ini menunjukkan bahwa kita dapat memperbaiki kualitas hidup anak-anak penyadang disabilitas, dan kita bisa membuat mereka lebih aktif.

Sangat menyenangkan dan asik melihat hubungan antara anak dan anjing berkembang dari waktu ke waktu mereka mengembang kemitraan dan aktivitas menjadi lebih menyenangkan dan menatang bagi anak itu.

Demikian mengenai Studi: Memelihara Anjing Bisa kurangi Stres pada Anak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Studi: Memelihara Anjing Bisa kurangi Stres pada Anak"

Posting Komentar