Tanda-tanda Menopause Dini yang Perlu Anda Tahu

Tanda-tanda Menopause Dini yang Perlu Anda Tahu
Tanda-tanda Menopause Dini yang Perlu Anda Tahu - Pada Umumnya,wanita akan megalami masa menopause pada usia disekitar 50 tahun ke atas. Namun, tak sedikit juga wanita yang memasuki masa menopause lebih awal, atau bisa di sebut dengan menopause dini.

Ada beberapa hal yang menyebabkan wanita bisa mengalami menopause dini, diantaranya adalah gaya hidup atau faktor keturunan. Berikut adalah beberap tanda yang musti Anda tahu mengenai menopause dini:

- Vagina Kering

Tanda dari menopause dini salah satuya adalah vagina kering. Akibat gejolak hormon estrogen, vagina juga akan terasa lebih kering. Salah satu fungsi hormon tersebut adalah menjaga elastis, tebal, dan lembap.

Penelitian menyebutkan bahwa gejala vagina kering ini lebih sering dirasakan oleh wanita yang mengalami menopause dini dibandingkan dengan wanita yang mengalami menopause yang normal.

- Sering Normal

Sering ngompol atau sulit untuk menahan buang air kecil adalah salah satu gejala tersering yang dialami wanita yang mengalami menopause dini. Hal ini lagi-lagi, disebabkan oleh perubahan produksi hormon estrogen yang juga berfungsi untuk menjaga fungsi kantung kemih.

Perubahan ini akan menyebabkan Anda sering mengompol atau sulit untuk menahan buang air kecil, terutama batuk atau bersin.

- Perubahan Emosi dan Sulit Berkonsentrasi

Walaupun tidak spesifik, namun hal ini merupakan salah satu gejala yang sangat umum dan hampir di alami oleh wanita yang akan memasuki fase menopause.

- Haid Terlewat atau Tidak Teratur

Menopause pada dasarnya disebabkan oleh menurunnya fungsi indung telur, sehingga hormon estrogen yang diproduksi menjadi lebih sedikit, sampai akhirnya siklus haid berhenti.

Ada tiga fase menopause yaitu pramenopause, perimenopause, dan menopause. Pada fase perimenopause, haid akan menjadi tidak teratur atau siklus akan memajang sampai akhirnya berhenti.

Jika mengalami gejala lain di atas disertai juga dengan perubahan emosi (seperti mudah marah, tersinggung, atau sedih) dan merasa foksu pada suatu hal, Anda dapat mencurigai menopause sebagai salah satu penyebabnya.

Selain gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, ada gejala-gejala menopause lainnnya yaitu berkeringat di malam hari, hot flashes, menurunnya hasrat seksual, dan insomnia atau sulit tidur. Untuk memastikan , apakah Anda sedang mengalami menopause dini atau tidak, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

Demikian mengenai Tanda-tanda Menopause Dini yang Perlu Anda Tahu, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda-tanda Menopause Dini yang Perlu Anda Tahu"

Posting Komentar