Kenali Faktor Penyebab Payudara Sakit

Kenali Faktor Penyebab Payudara Sakit
Kenali Faktor Penyebab Payudara Sakit - Mastalgia adalah istilah medis, dimana payudara terasa sakit atau nyeri. Nyeri pada payudara di bedakan lagi menjadi dua, yaitu gangguan hormonal dan bukan hormonal.

Jika payudara terasa sakit karena faktor hormonal maka nyeri payudara biasanya akan datang saat siklus menstruasi datang atau saat wanita sedang hamil. gejala yang disertai pembekakan payudara dan meliatkan kedua payudara. Nyeri sendiri akan hilang seiring dengan berakhirnya masa menstruasi.

Sedangkan nyeri yang disebabkan bukan hormonal tidak berkaitan dengan masa hormonal dan nyeru yang dirasakan seperti rasa terbakar dan tertekan. Nyeri ini hanya melibatkan satu payudara dan menjalar ke bagian belakang tubuh.

Berikut adalah beberapa penyebab nyeri payudara yang tidak berkaitkann dengan gangguan hormonal:

- Ukuran Payudara Besar

Payudara yang besar akan membuat nyaman karena dapat menarik ligament payudara sehingga rasa nyeri akan terasa jika ditopang dengan ukuran bra yang tepat.

- Trauma di Area Payudara

Trauman di area payudara sepetrti tertariknya otot di sekitar payudara saat olahraga bisa menyebabkan rasa nyeri penderita.

- Kehamilan

Salah satu gejalla yang muncul saat hamil adalah nyeru di payudara. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

- Kebiasaan Merokok

Wanita yang sering merokok dapat muncul gejala nyeri payudara karena meningkatnya kadar epinefrin di dalam tubuh yang dapat memicu rasa nyeri.

Nyeri payudara memang dapat mengkhawatirkan. Apalagi jika Anda merasakan nyeru pada payudara yang tidak berkurang dalam 1 minggu dan selalu terjadi di area pauara tertentu, hingga pada akhirnya menganggu aktivitas sehari-hari.

Karena itu, jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik payudara secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti mammogram, dan biopsi payudara (ultrasound) bila ditemukan adanya benjolan payudara.

Demikian mengenai Kenali Faktor Penyebab Payudara Sakit, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kenali Faktor Penyebab Payudara Sakit"

Posting Komentar